Tingkatkan Minat dan Efetivitas BK dalam Layanan Informasi melalui Majalah Elektronik Sekolah


 Mohammad Sidik, S.Pd 
Guru BK SMA N 3 Tegal 

Layanan informasi adalah layanan yang memberikan segala data dan informasi yang diberikan kepada siswa untuk memberikan pemahaman baru secara lebih luas tentang kebutuhan siswa dan sebagai pertimbangan siswa dalam mengambil keputusan (Hermawanto, 2019). Tingginya minat siswa kelas XII  dalam mencari informasi tentang perguruan tinggi menyebabkan guru BK dalam melakukan layanan informasi bimbingan dan konseling harus dapat mencari inovasi dalam melakukan layanan bimbingan tersebut. Pemanfaatan media sosial dan internet menjadi alternatif solusi permasalahan ini. Majalah elektronik sekolah adalah salah satu solusi dalam menjawab tantangan di era digital.

Pemanfaatan media internet dalam hal ini majalah elektronik sekolah menjadi alternatif guru BK dalam menyikapi permasalahan yang ada karena majalah elektronik sekolah memiliki kelebihan dibandingkan dengan media sosial seperti  facebook, twitter, instagram atau whatsapp grup yang sudah dilakukan beberapa waktu sebelumnya dapat menyimpan informasi tentang berbagai perguruan tinggi yang mereka butuhkan dengan lengkap dan lebih mudah diakses. Hal ini karena majalah elektronik sekolah memiliki tampilan yang lebih nyaman saat siswa membaca informasi tentang perguruan tinggi yang beragam dan postingan yang disajikan  lebih runtut juga informasinya tidak tenggelam oleh komentar para pembaca atau postingan sebelumnya. Majalah elektronik sekolah memungkinkan para peserta didik mendapatkan informasi lebih mudah juga  lengkap dan akan meningkatkan minat membaca berbagai informasi perguruan tinggi tersebut. 

Majalah elektronik sekolah akan  mampu menampung semua keinginan siswa dalam mencari informasi perguruan tinggi yang dibutuhkan mereka. Waktu yang disediakan oleh  sekolah  saat proses pembelajaran hanya bisa dimanfaatkan oleh beberapa siswa sehingga banyak yang merasa kecewa karena informasi yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan keinginan mereka. Kebutuhan akan informasi perguruan tinggi yang beragam juga menjadi kendala karena setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga guru BK dalam memberikan layanan informasi bimbingan  dan konseling sering terbentur akan terbatasnya waktu saat melakukan layanan tersebut agar mendapatkan hasil yang memuaskan siswa.

Majalah elektronik sekolah yang disediakan akan meningkatkan minat siswa dan menjadi media yang efektif  untuk melakukan layanan informasi bimbingan dan konseling mengingat media elektronik  bisa setiap saat diakses oleh semua siswa bahkan dapat juga diakses oleh orang tua mereka sehingga lebih menguntungkan dan efektif  bentuk layanan informasi bimbingan dan konseling seperti itu.

Layanan informasi sangat penting mengingat  siswa yang menghadapi suatu kesulitan sering membutuhkan informasi. Pemahaman yang diperoleh melalui layanan informasi digunakan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kegiatan dan prestasi belajar, mengembangkan cita-cita, menyelenggarakan kehidupan sehari-hari dan mengambil keputusan    (Tri Hariastuti, 2008:29).


Komentar

Postingan Populer