Tingkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Materi Ceramah dengan Youtube (saat Pandemi COVID-19)





 Dra. Endang Lestari 

Guru Bahasa Indonesia SMA N 3 Tegal



Ceramah merupakan pesan yang tujuannya memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk  pada audiens yang bertindak sebagai pendengar, sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia  ceramah adalah pidato yang bertujuan untuk memberikan nasehat serta petunjuk-petunjuk pada audiensi yang bertindak sebagai pendengar. Dengan melihat pada pengertian tersebut, ceramah bisa diartikan sebagai bentuk dari dakwah yakni dakwah bil-kalam yang berarti menyampaikan ajaran-ajaran, nasehat, mengajak seseorang dengan lewat lisan(duniapendidikan.com).

Surat Edaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 443.2/08991 tentang Pengaturan Pelaksanaan Ujian Nasional / Ujian Sekolah dan Kegiatan Belajar Mengajar pada SMA, SMK, dan SLB Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020 yang di perbaharui dengan Surat Edaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah  Nomor 0653/KADIN/IV/2020 tertanggal 6 April 2020  memberitahukan bahwa proses belajar mengajar mandiri               di rumah masing-masing dengan model jarak jauh melalui sistem online / daring dimulai dari tanggal 16 s.d 29  Maret 2020 diperpanjang sampai dengan tanggal 30 April 2020.  Penerapan pembelajaran online ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari pihak sekolah  atau dari peserta didik itu sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara online  dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi yang berkualitas dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, para peserta didik  juga harus  siap beradaptasi dengan perubahan pembelajaran yang diatur oleh sekolah.

Youtube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna youtube itu sendiri. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi terkenal hanya dengan meng-upload video mereka di youtube. Menurut (We Are Social, 2017) youtube adalah platform media sosial teraktif di Indonesia pada tahun 2017.  Sebagai social network,  Youtube memiliki pengguna tertinggi dengan persentase 49% mengalahkan Facebook. Hal ini menunjukkan bahwa banyak orang yang menggunakan Youtube. Meski Youtube populer sebagai media hiburan, namun Youtube telah menjadi sumber belajar dan dianggap sebagai alternatif untuk menyampaikan materi pada saat proses pembelajaran

Dari deskripsi diatas kita dapat memanfaatkan youtube  menjadi salah satu pilihan untuk mengefektifkan proses pembelajaran materi ceramah. Siswa dapat mempraktekan ceramah dengan membuat video yang diunggah ke youtube dan guru bisa menilai dari penampilan siswa saat ceramah lewat video. Selain itu guru juga bisa menilai kesiapan mental para siswa saat menyampaikan materi dengan ceramah, karena mereka tahu bahwa video yang diunggah ke youtube akan dilihat oleh netizen dari seluruh dunia.

Penilaian materi ceramah  melalui video yang diunggah ke youtube  juga akan membuat proses pembelajaran lebih efektif karena tidak membutuhkan waktu yang lama seperti saat penilaian di kelas, selain itu  semua siswa bisa mendapatkan kesempatan yang sama dalam penilaian  karena setiap siswa diwajibkan membuat video materi ceramah, berbeda saat proses pembelajaran di kelas yang membutuhkan waktu lama untuk penilaian materi ceramah ini.

Guru dalam menilai bisa lebih teliti karena video yang dikirim siswa bisa diulang - ulang saat ada hal – hal yang belum jelas. Proses penilaian juga lebih santai karena guru tidak terbatasi oleh waktu seperti saat pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran materi ceramah dengan media youtube ini masih memiliki kelebihan lain, yaitu siswa yang awalnya tidak percaya diri karena demam panggung akan membuat mereka mampu membawakan ceramah lebih baik karena saat membuat video bisa dilakukan di tempat yang sepi (misalnya kamar) tanpa ada seorangpun yang mengetahui. Percaya diri siswa akan jauh lebih tinggi seandainya video mereka mendapatkan like and subscribe juga komentar positif dari netizen.

Komentar

Postingan Populer