Tingkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Materi Ceramah dengan Youtube (saat Pandemi COVID-19)
Guru Bahasa Indonesia SMA N 3 Tegal
Ceramah merupakan pesan yang tujuannya memberikan nasehat dan
petunjuk-petunjuk pada audiens yang bertindak sebagai pendengar,
sedangkan dalam kamus bahasa Indonesia ceramah adalah pidato yang
bertujuan untuk memberikan nasehat serta petunjuk-petunjuk pada audiensi yang
bertindak sebagai pendengar. Dengan melihat pada pengertian tersebut, ceramah
bisa diartikan sebagai bentuk dari dakwah yakni dakwah bil-kalam yang berarti
menyampaikan ajaran-ajaran, nasehat, mengajak seseorang dengan lewat
lisan(duniapendidikan.com).
Surat Edaran
Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 443.2/08991 tentang
Pengaturan Pelaksanaan Ujian Nasional / Ujian Sekolah dan Kegiatan Belajar
Mengajar pada SMA, SMK, dan SLB Provinsi Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020
yang di perbaharui dengan Surat Edaran Dinas Pendidikan dan kebudayaan Provinsi
Jawa Tengah Nomor 0653/KADIN/IV/2020
tertanggal 6 April 2020 memberitahukan
bahwa proses belajar mengajar mandiri di rumah masing-masing dengan model jarak jauh melalui sistem
online / daring dimulai dari tanggal 16 s.d 29
Maret 2020 diperpanjang sampai dengan tanggal 30 April 2020. Penerapan
pembelajaran online ini menuntut kesiapan bagi kedua belah pihak, baik itu dari
pihak sekolah atau dari peserta didik
itu sendiri. Bagaimanapun juga, pembelajaran secara online dan jarak jauh membutuhkan bantuan teknologi
yang berkualitas dan dapat diakses dengan mudah. Selain itu, para peserta
didik juga harus siap beradaptasi dengan perubahan
pembelajaran yang diatur oleh sekolah.
Youtube
adalah situs web yang
menyediakan berbagai macam video mulai dari video klip sampai film, serta
video-video yang dibuat oleh pengguna youtube
itu sendiri. Tidak sedikit orang-orang yang menjadi terkenal hanya dengan
meng-upload video mereka di youtube. Menurut
(We Are Social, 2017) youtube adalah
platform media sosial teraktif di Indonesia pada tahun 2017. Sebagai social
network, Youtube memiliki pengguna tertinggi dengan persentase 49%
mengalahkan Facebook. Hal ini
menunjukkan bahwa banyak orang yang menggunakan Youtube. Meski Youtube populer
sebagai media hiburan, namun Youtube telah menjadi sumber belajar dan dianggap
sebagai alternatif untuk menyampaikan materi pada saat proses pembelajaran
Dari deskripsi diatas
kita dapat memanfaatkan youtube menjadi salah satu pilihan untuk
mengefektifkan proses pembelajaran materi ceramah. Siswa dapat mempraktekan
ceramah dengan membuat video yang diunggah ke youtube dan guru bisa menilai dari penampilan siswa saat ceramah
lewat video. Selain itu guru juga bisa menilai kesiapan mental para siswa saat menyampaikan
materi dengan ceramah, karena mereka tahu bahwa video yang diunggah ke youtube akan dilihat oleh netizen dari seluruh dunia.
Penilaian materi ceramah melalui video yang diunggah ke youtube
juga akan membuat proses pembelajaran lebih efektif karena tidak
membutuhkan waktu yang lama seperti saat penilaian di kelas, selain itu semua siswa bisa mendapatkan kesempatan yang
sama dalam penilaian karena setiap siswa
diwajibkan membuat video materi ceramah, berbeda saat proses pembelajaran di
kelas yang membutuhkan waktu lama untuk penilaian materi ceramah ini.
Guru dalam menilai bisa lebih teliti
karena video yang dikirim siswa bisa diulang - ulang saat ada hal – hal yang
belum jelas. Proses penilaian juga lebih santai karena guru tidak terbatasi oleh
waktu seperti saat pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran materi ceramah
dengan media youtube ini masih
memiliki kelebihan lain, yaitu siswa yang awalnya tidak percaya diri karena
demam panggung akan membuat mereka mampu membawakan ceramah lebih baik karena
saat membuat video bisa dilakukan di tempat yang sepi (misalnya kamar) tanpa
ada seorangpun yang mengetahui. Percaya diri siswa akan jauh lebih tinggi
seandainya video mereka mendapatkan like
and subscribe juga komentar positif dari netizen.
Komentar
Posting Komentar