English Song Tingkatkan Kompetensi Ketrampilan Bahasa Inggris


 Oleh Dra. Fasikha 

Guru Bahasa Inggris SMA N 3 Tegal 

Song is a composition of tone or voice in sequence, combination and temporal relation to produce a musical composition that has unity and continuity.

Lagu adalah gubahan seni nada atau suara dalam suatu urutan, kombinasi dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mengandung kesatuan dan kesinambungan. Musik dapat membantu meningkatkan keterampilan, kepercayaan diri, dan pengucapan bahasa Inggris. Pearson baru-baru ini meneliti bagaimana musik dan budaya populer menginspirasi pembelajaran bahasa Inggris. Ekspresi umum, bahasa sehari-hari, kata- kata deskriptif, dan metafora adalah bagian dari bahasa Inggris dan hadir di hampir semua lirik lagu. Sebuah lagu dapat memberikan hubungan emosional antara musik dan pendengar, memberi pelajaran cara baru untuk mengekspresikan perasaan mereka. Musik dan irama juga telah terbukti bermanfaat untuk menghafal, yang merupakan komponen utama pembelajaran.

Juga lagu merupakan salah satu cara untuk mengekpresikan emosi dan perasaan dengan cara yang menyenangkan. Lagu juga dapat menjadi media untuk menyampaikan kritikan tentang situasi yang ada di masyarakat. Moral value atau amanat biasanya tersirat dalam lirik yang  dibuat  penulis  lagu. Hal  ini  karena  Song atau lagu juga punya ciri kebahasaan. Adapun ciri kebahasaan dari song adalah sebagai berikut :

Imagery. Imagery describes about feelings and emotions. Sebuah lagu biasanya berusaha menggambarkan perasaan yang dirasakan si penulis.

Rhythm. Ritme disini digunakan untuk menciptakan mood. Misalnya, apabila kita sedang bersedih dan mendengarkan lagu dengan ritme slow, maka kita akan terbawa suasana dengan lagu tersebut. So, rhythm creates mood!

Figures of speech

Metaphor, comparing two things that are not alike to suggest that they actually have something in common. Sekilas memang kedua hal yang dibandingkan tidak berkaitan, tetapi sebenarnya ada kesamaan antara dua hal tersebut. e.g. “Time is  a thief” or “Her hair was silk”

Simile, compares two things using “like” or “as’’. Suatu hal digambarkan dengan hal yang mirip dengan menggunakan kata ‘like’atau‘as’ e.g. “ My love is like a red rose.”

Hyperbole, a dramatic language. Big exaggeration, usually with humor. Suatu hal digambarkan secara berlebihan, terkadang menggelitik jkarena terlalu berlebihan.

e.g. “That math homework took me 8 million years to finish”.

 

Personification, an object appear like a person. Objek (bukan manusia) memiliki kemampuan seperti manusia. e.g. “The wind whisper” or “The snowflakes danced in the wind”.

Allititration, the repetation of  the  same  beginning  sound  in  series  of  words. Perulangan bunyi suara yang terdapat di awal setiap kata. e.g. “Peter Parker pick a pack of pants punctually”

Adapun struktur dari lagu seperti Intro, yaitu bagian awal lagu, biasanya belum terdengar suara penyanyi (hanya instrumennya saja), Verse,atau bait adalah bagian pengantar                         ke chorus.    Refrain, peralihan dari verse ke chorus, Chorus, bagian inti, biasanya yang paling mudah diingat. Bridge, penghubung chorus ke chorus selanjutnya ataupun ke coda, Coda, penutup lagu. Struktur tersebut tidak bersifat kaku, jadi tidak semua lagu memiliki struktur yang tersusun seperti itu. Tapi setiap lagu secara umum pasti memiliki verse, chorus, dan bridge. Contoh dari sebuah lagu

Blackbird singing in the dead of night Take these broken wings and learn to fly All your life

You were only waiting for this moment to arise

 

Lagu    adalah     sumber     yang    bagus     untuk     bahasa     kehidupan      nyata     dan    dapat menggunakan musik untuk melatih banyak keterampilan bahasa yang berbeda. Yang terpenting, lagu adalah cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris Pembelajaran terbaik terjadi ketika kita bersenang-senang. Jadi, sangat penting untuk memilih musik yang disukai anak Anda. Lagu-lagu terbaik untuk belajar bahasa Inggris adalah;Tidak terlalu lama (1-3 baris ); Tidak terlalu cepat (mudah bernyanyi bersama); Dalam bahasa Inggris sehari-hari (tidak terlalu banyak kata-kata baru atau sulit); Jelas ( dapat dengan mudah mendengar semua kata).

Dari keterangan tersebut di atas penulis ingin memerinci sejauh mana Lagu – lagu Berbahasa Inggris dapat meningkatkan kompetensi Ketrampilan Bahasa Inggris diantaranya

Learning activities – practising speaking and pronunciation ; Bernyanyi sangat bagus untuk mempelajari ritme bahasa. Ini membantu kita mempelajari bagaimana kata- kata dihubungkan bersama dalam ucapan yang terhubung.

 

Bernyanyi bersama dapat menjadi tantangan, bahkan untuk penutur asli. Jadi membantu anak dengan langkah-langkah mudah ini:Menemukan lirik lagu online, atau menemukan video musik dengan subtitle. Misalnya, Bernyanyi dan Belajar sangat bagus untuk anak kecil; Membaca lirik lagu dengan keras; Mencari kata-kata yang tidak dikenal di kamus; Mendengarkan lagunya dan baca liriknya secara bersamaan.; Mendorong anak Anda untuk bernyanyi bersama; Ketika mereka siap, cobalah bernyanyi bersama tanpa melihat liriknya; Mereka tidak harus segeramenyelesaikannya dengan sempurna. Sebenarnya lebih efektif untuk mengulang secara teratur.

Beberapa anak merasa sulit untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka pemalu atau kurang percaya diri. Bernyanyi bersama orang lain bisa membantu. Ini menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak untuk berlatih mengekspresikan diri mereka dengan keras. Berlatih mengucapkan suara satu huruf (misalnya, a, b, c). Dan membuka YouTube dan cari: lagu phonic berbahasa inggris . Juga berlatih mengucapkan suara dua huruf (misalnya, ou, ue, ch, th) dan membuka YouTube Learning activities – practising reading, writing and listening skills; Setiap kesempatan untuk mendengar bahasa Inggris sangat membantu. Bahkan jika itu hanya menyalakan musik latar belakang selama waktu makan, waktu bermain atau ketika bepergian. Tetapi untuk benar-benar meningkatkan bahasa Inggris mereka, anak perlu mendengarkan dengan cermat. meluangkan waktu untuk memahami lirik lagu dan pikirkan apa artinya.

Kegiatan menulis ; Lagu bisa menjadi inspirasi hebat untuk menulis kreatif. Mengarkan lagu. Setelah 10–20 detik, jeda musik. Meminta anak untuk menggambar apa pun yang ada di kepala mereka. Memainkan 10-20-20 detik lagi, berhenti sebentar dan menggambar lagi. Terus lakukan ini sampai lagu selesai. Anak harus memiliki beberapa gambar. Langkah terakhir meminta anak untuk menulis cerita pendek untuk diambil dengan gambar mereka.

Kegiatan membaca ; Mencetak beberapa lirik lagu. Potong lirik menjadi baris atau syair terpisah. Meminta anak untuk menebak urutan yang benar. Sekarang dengarkan lagunya untuk memeriksa apakah itu benar. Untuk mempersiapkan Kualifikasi Bahasa Inggris, anak-anak harus berlatih berpikir tentang gagasan dan pesan utama dalam sebuah teks. Kita dapat menggunakan lirik lagu untuk melatih keterampilan membaca jenis ini. Mendorong anak untuk memikirkan makna dan emosi sebuah lagu. Apa yang akan mereka masukkan ke video musik untuk lagu ini?

Kegiatan mendengarkan; Memainkan beberapa permainan menyenangkan untuk membantu anak Anda berlatih mendengarkan dengan cermat. Memilih 10 kata dari sebuah lagu. Kemudian pilih dua atau tiga kata tambahan yang tidak ada dalam lagu. Menulis kata-kata dalam urutan acak dan berikan daftar kepada anak. Memainkan lagu dan minta mereka untuk menandai kata-kata yang mereka dengar. Meminta anak untuk mendengarkan lagu dan menciptakan aksi untuk setiap baris atau bait. Tentunya ini semua salah satu upaya yang bisa dilakukan baik oleh guru maupun orang tua dalam menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam berbahasa Ingrris dan masih banyak cara-cara yang bisa dilakukan anywhere, whenever, wherever


Komentar

Postingan Populer