English Song Tingkatkan Kompetensi Ketrampilan Bahasa Inggris
Guru Bahasa Inggris SMA N 3 Tegal
Song is a composition of tone or voice in sequence, combination and temporal relation to produce a musical composition that has unity and continuity.
Lagu adalah gubahan seni nada atau suara dalam suatu urutan, kombinasi dan hubungan temporal (biasanya diiringi dengan alat musik) untuk menghasilkan gubahan musik yang mengandung kesatuan dan kesinambungan. Musik dapat membantu meningkatkan keterampilan, kepercayaan diri, dan pengucapan bahasa Inggris. Pearson baru-baru ini meneliti bagaimana musik dan budaya populer menginspirasi pembelajaran bahasa Inggris. Ekspresi umum, bahasa sehari-hari, kata- kata deskriptif, dan metafora adalah bagian dari bahasa Inggris dan hadir di hampir semua lirik lagu. Sebuah lagu dapat memberikan hubungan emosional antara musik dan pendengar, memberi pelajaran cara baru untuk mengekspresikan perasaan mereka. Musik dan irama juga telah terbukti bermanfaat untuk menghafal, yang merupakan komponen utama pembelajaran.
Juga lagu merupakan salah satu cara untuk mengekpresikan
emosi dan perasaan dengan cara yang
menyenangkan. Lagu juga dapat menjadi media untuk
menyampaikan kritikan tentang situasi yang ada di masyarakat. Moral value atau
amanat biasanya tersirat dalam lirik yang dibuat
penulis lagu. Hal
ini karena Song atau
lagu juga punya ciri kebahasaan. Adapun ciri kebahasaan dari song adalah
sebagai berikut :
Imagery. Imagery describes about feelings and emotions. Sebuah lagu
biasanya berusaha menggambarkan perasaan yang dirasakan si penulis.
Rhythm. Ritme disini digunakan untuk menciptakan mood. Misalnya, apabila kita sedang bersedih dan mendengarkan lagu dengan ritme slow, maka kita akan terbawa
suasana dengan lagu tersebut. So, rhythm creates mood!
Figures of speech
Metaphor,
comparing two things that are not alike to suggest that they actually have something
in common. Sekilas memang
kedua hal yang dibandingkan tidak berkaitan, tetapi sebenarnya ada kesamaan antara dua hal tersebut. e.g. “Time is a thief” or
“Her hair was silk”
Simile,
compares two things using “like” or “as’’.
Suatu hal digambarkan dengan hal yang mirip dengan menggunakan kata ‘like’atau‘as’ e.g. “ My love
is like a red rose.”
Hyperbole, a dramatic
language. Big exaggeration, usually with humor. Suatu hal digambarkan secara
berlebihan, terkadang menggelitik jkarena terlalu berlebihan.
e.g. “That math homework took me 8
million years to finish”.
Personification, an object
appear like a person. Objek (bukan manusia) memiliki
kemampuan seperti manusia. e.g. “The wind whisper” or “The snowflakes danced in the wind”.
Allititration, the repetation of the same beginning
sound in a series of words.
Perulangan bunyi suara yang terdapat di awal setiap kata. e.g. “Peter Parker pick a pack
of pants punctually”
Adapun struktur dari lagu seperti Intro, yaitu bagian awal lagu, biasanya belum terdengar suara penyanyi (hanya instrumennya saja), Verse,atau bait adalah bagian pengantar ke chorus. Refrain, peralihan dari verse ke chorus, Chorus, bagian inti, biasanya yang paling mudah diingat. Bridge, penghubung chorus ke chorus
selanjutnya ataupun ke
coda, Coda, penutup lagu. Struktur
tersebut tidak bersifat kaku, jadi
tidak semua lagu memiliki struktur yang
tersusun seperti itu. Tapi setiap lagu secara umum pasti memiliki verse, chorus, dan bridge. Contoh
dari sebuah lagu
Blackbird
singing in the dead of night Take these broken wings and learn to fly All your
life
You were only
waiting for this moment to arise
Lagu adalah sumber yang bagus untuk bahasa kehidupan nyata dan dapat menggunakan
musik untuk melatih banyak keterampilan bahasa yang berbeda. Yang terpenting,
lagu adalah cara yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris Pembelajaran
terbaik terjadi ketika kita bersenang-senang. Jadi, sangat penting untuk
memilih musik yang disukai anak Anda. Lagu-lagu terbaik untuk belajar bahasa
Inggris adalah;Tidak terlalu lama (1-3 baris ); Tidak terlalu cepat (mudah
bernyanyi bersama); Dalam bahasa Inggris sehari-hari (tidak terlalu banyak
kata-kata baru atau sulit); Jelas ( dapat dengan mudah mendengar semua kata).
Dari keterangan
tersebut di atas penulis ingin memerinci sejauh mana Lagu – lagu Berbahasa
Inggris dapat meningkatkan kompetensi Ketrampilan Bahasa Inggris diantaranya
Learning
activities – practising speaking and pronunciation ; Bernyanyi sangat bagus untuk
mempelajari ritme bahasa. Ini membantu kita mempelajari bagaimana kata- kata
dihubungkan bersama dalam ucapan yang terhubung.
Bernyanyi
bersama dapat menjadi tantangan, bahkan untuk penutur asli. Jadi membantu anak
dengan langkah-langkah mudah ini:Menemukan lirik lagu online, atau menemukan
video musik dengan subtitle. Misalnya, Bernyanyi dan Belajar sangat bagus untuk
anak kecil; Membaca lirik lagu dengan keras; Mencari kata-kata yang tidak
dikenal di kamus; Mendengarkan lagunya dan baca liriknya secara bersamaan.;
Mendorong anak Anda untuk bernyanyi bersama; Ketika mereka siap, cobalah
bernyanyi bersama tanpa melihat liriknya;
Mereka tidak harus segeramenyelesaikannya
dengan sempurna. Sebenarnya lebih efektif untuk mengulang secara teratur.
Beberapa anak
merasa sulit untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka pemalu atau kurang
percaya diri. Bernyanyi bersama orang lain bisa membantu. Ini menciptakan ruang
yang aman bagi anak-anak untuk berlatih mengekspresikan diri mereka dengan
keras. Berlatih mengucapkan suara satu huruf (misalnya, a, b, c). Dan membuka
YouTube dan cari: lagu phonic berbahasa inggris . Juga berlatih mengucapkan
suara dua huruf (misalnya, ou, ue, ch, th) dan membuka YouTube Learning activities – practising reading,
writing and listening skills; Setiap kesempatan untuk mendengar bahasa
Inggris sangat membantu. Bahkan jika itu hanya menyalakan musik latar belakang
selama waktu makan, waktu bermain atau ketika bepergian. Tetapi untuk
benar-benar meningkatkan bahasa Inggris mereka, anak perlu mendengarkan dengan
cermat. meluangkan waktu untuk memahami lirik lagu dan pikirkan apa artinya.
Kegiatan menulis ; Lagu bisa menjadi inspirasi hebat untuk menulis kreatif.
Mengarkan lagu. Setelah 10–20 detik, jeda musik. Meminta anak untuk menggambar
apa pun yang ada di kepala mereka. Memainkan 10-20-20 detik lagi, berhenti
sebentar dan menggambar lagi. Terus lakukan ini sampai lagu selesai. Anak harus
memiliki beberapa gambar. Langkah terakhir meminta anak untuk menulis cerita
pendek untuk diambil dengan gambar mereka.
Kegiatan
membaca ; Mencetak beberapa lirik lagu. Potong lirik menjadi baris atau syair
terpisah. Meminta anak untuk menebak urutan yang benar. Sekarang dengarkan
lagunya untuk memeriksa apakah itu benar. Untuk mempersiapkan Kualifikasi
Bahasa Inggris, anak-anak harus berlatih berpikir tentang gagasan dan pesan
utama dalam sebuah teks. Kita dapat menggunakan lirik lagu untuk melatih
keterampilan membaca jenis ini. Mendorong anak untuk memikirkan makna dan emosi
sebuah lagu. Apa yang akan mereka masukkan ke video musik untuk lagu ini?
Kegiatan
mendengarkan; Memainkan beberapa permainan menyenangkan untuk membantu anak
Anda berlatih mendengarkan dengan cermat. Memilih 10 kata dari sebuah lagu.
Kemudian pilih dua atau tiga kata tambahan yang tidak ada dalam lagu. Menulis
kata-kata dalam urutan acak dan berikan daftar kepada anak. Memainkan lagu dan
minta mereka untuk menandai kata-kata yang mereka dengar. Meminta anak untuk
mendengarkan lagu dan menciptakan aksi untuk setiap baris atau bait. Tentunya ini semua salah satu upaya
yang bisa dilakukan baik oleh guru maupun orang tua dalam menambah pengetahuan
dan ketrampilan dalam berbahasa Ingrris dan masih banyak cara-cara yang bisa
dilakukan anywhere, whenever, wherever
Komentar
Posting Komentar