Prospell, Tingkatkan Budaya Literasi dalam Ber-speaking

 


Oleh  Dra. Fasikha 
Guru Bahasa Inggris SMA N 3 Tegal 

PROSPELL singkatan dari Procedure Text dan Spelling. Prosedur teks adalah text yang mengungkapkan bagaimana melakukan atau membuat sesuatu. Text tersebut menjadi panduan bagi pembaca untuk menyelesaikan suatu tugas melalui serangkaian langkah. Apakah ada yang membuat makanan dari resep yang anda baca? Anda membaca resep dan mempratikan step demi step membuatnya. Bahan dan langkah-langkah pembuatannya disajikan dalam resep tersebut. Ya, resep yang anda baca merupakan contoh procedure text atau bias disebut Procedural text.

            “ Procedure text is a piece of text that give us instructions for doing something.Procedure text adalah sebuah text  yang memberikan kita perintah atau instruksi untuk melakukan sesuatu.Prosedure text adalah text yang dirancang untuk menggambarkan bagaimana sesuatu dicapai melalui urutan tindakan atau langkah langkah.

Ciri-ciri procedure text :

1.      Biasanya menggunakan simple present.

2.      Bentuknya peritah.

3.      Menggunakan action verb.contoh ;make,take,boil,cook,

4.      Menggunakan temooral conjuction. contoh; first, then, next, after, that, last.

5.      Menggunakan kata penghubung

6.      Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan tahapan atau urutan misalnya the first,the second,the third,the last,etc.

           Pada pembelajaran bahasa inggris di SMA Negeri 3 Kota Tegal pada materi procedure text yang meliputi kemampuan reading skill,speaking skill,writing skill dan listening skill tentu tidak mudah bagi peserta dapat menguasai keempat skill sekaligus ada yang bisa menguasai kemampuan speaking skill tapi skill yang lain kurang ada menguasai kemampuan readingskill tapi kemampuan speaking dan lainnya kurang menguasai dan sebagainya.

            Dari keempat skill tersebut yang paling kurang diminati dan bahkan menjadikan peserta kurang bergairahadalah pada kemampuan speaking skill.Apalagi kalau pembelajaran itu dilaksanakan disiang hari ditambah lagi kurang brgairahnya peserta didik pada pelajaran bahasa inggris

.            Ditambah lagi kelihatannya adanya keterpaksaan pada peserta didik SMA  Negeri 3 Kota Tegal ikut mengikuti pelajaran bahasa inggris juga sarana dan prasarana yang disedikan sekolah kurang memadai seperti tersedianya infocus setiap kelas juga kipas angin atau AC. Tentu ini menjadi tantangan bagi seorang guu bahasa inggris dalam memberi motivasi dan semangat untuk mendapatkan from zero to zero.

 Pada materi pembelajaran procedure text yang dikolaborasikan dengan spelling ini dapat menjadi solusi untuk membimbing peserta didik dalam belajar bahasa inggris.sedikit demi sedikit tetapi pasti dalam belajar speaking walaupun awalnya sedikit memaksa.Seorang guru dapat mencoba mempraktekan letter to letter,word to word,sentence to sentence dan seterusnya akan menjadi strategi kemampuan berbicara.

Adapun jenis texts yang dipakai adalah dalam bentuk menyajikan suatu text procedure,letter to letter peserta didik diminta untuk melafalkan alphabet,word to word peserta didik diminta untuk mengeja kata demi kata bilamana peserta didik dapat bisa melafalkan dari letter to letter atau word to word peserta didik akan terbiasa melafalkan

    Untuk mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai kemampuan speaking maka setiap peserta memilih teman akrab menjadi satu kelompok minimal tiga anak paling banyak lima anak.seitiap kelompok dipersilahkan untuk mencari text procedure boleh diambilkan dari internet dengan browsing procedure text atau mengambil text procedure yang diambil dari berbagai sumber.

Disadari atau tidak pada saat presentasi peserta didik akan terlihat mampu atau tidak mampu dalam menyampaikan hasil kelompoknya dengan menggunakan bahasa inggris. Awalnya terasa ada kesan terpaksa selanjutnya peserta didik akan menjadi kebiasaan .

Ditengah tengah presentasi seorang guru bisa menanyakan kepada peserta didik mungkin ada istilah yang jarang didengar [new vocabulary]dan seorang guru akan mengaatakan can you spell the word blab la etc.untuk melatih kemampuan  speaking peserta didik maka perlu diberi tugas untuk membuat text procedure misalnya tentang makanan atau minuman .contoh yang sederhana misalnya How to make fried rice atau How tomake ice lemon tea.

 Dalam pembelajaran ini peserta didik akan menyampaikan langkah langkah dalam membuat text procedure antara lain; Goal peserta didik akan menyampaikan tujuan  [How to make….] dengan menggunakanbahasa inggris .material.peserta didik akan menyebutkan bahan bahan yang akan disediakan dengan menggunakan bahasa inggris steps.peserta didik akan menjelaskan langkah langkah dari awal sampai akhir dengan menggunakan bahasa inggris.

Dengan demikian kolaborasi antara procedure text dan spelling [Prospell] dapat menumbuhkan kemampuan speaking peserta didik.Adapun output dari strategi Prospell sejalan dengan program literasi yang dapat  menghasilkan program English day yaitu suatu program literasi bahwa warga sekolah Sma Negeri 3 Kota Tegal setiap hari Jumat menggunakan bahasa inggris.

Kesimpulan nya perpaduan antara procedure text dan spelling [Prospell] dapat dikuasai oleh siswa bila spelling atau ejaan sendiri yaitu kaidah kaidah cara menggambarkan bunyi bunyi kata, kalimat ,dan sebagainya dalam   bentuk tulisan serta penggunaan tanda baca, ejaan vowel atau huruf hidup dipraktekan dalam procedure text sehingga akan dapat menumbuhkan budaya literasi dan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Komentar

Postingan Populer