Prospell, Tingkatkan Budaya Literasi dalam Ber-speaking
PROSPELL singkatan dari Procedure Text dan Spelling. Prosedur teks adalah text yang mengungkapkan bagaimana melakukan atau membuat sesuatu. Text tersebut menjadi panduan bagi pembaca untuk menyelesaikan suatu tugas melalui serangkaian langkah. Apakah ada yang membuat makanan dari resep yang anda baca? Anda membaca resep dan mempratikan step demi step membuatnya. Bahan dan langkah-langkah pembuatannya disajikan dalam resep tersebut. Ya, resep yang anda baca merupakan contoh procedure text atau bias disebut Procedural text.
“ Procedure text is a piece of text that
give us instructions for doing something.Procedure text adalah sebuah
text yang memberikan kita perintah atau
instruksi untuk melakukan sesuatu.Prosedure
text adalah text yang dirancang untuk menggambarkan bagaimana sesuatu
dicapai melalui urutan tindakan atau langkah langkah.
Ciri-ciri procedure text :
1.
Biasanya
menggunakan simple present.
2.
Bentuknya
peritah.
3.
Menggunakan action verb.contoh ;make,take,boil,cook,
4.
Menggunakan temooral
conjuction. contoh; first, then, next, after, that, last.
5.
Menggunakan
kata penghubung
6.
Menggunakan kata keterangan untuk
menyatakan tahapan atau urutan misalnya the
first,the second,the third,the last,etc.
Pada pembelajaran bahasa inggris di SMA Negeri 3 Kota Tegal pada
materi procedure text yang meliputi
kemampuan reading skill,speaking
skill,writing skill dan listening skill tentu tidak mudah bagi peserta
dapat menguasai keempat skill sekaligus ada yang bisa menguasai kemampuan
speaking skill tapi skill yang lain kurang ada menguasai kemampuan readingskill tapi kemampuan speaking dan
lainnya kurang menguasai dan sebagainya.
Dari keempat skill tersebut yang
paling kurang diminati dan bahkan menjadikan peserta kurang bergairahadalah
pada kemampuan speaking skill.Apalagi kalau pembelajaran itu dilaksanakan
disiang hari ditambah lagi kurang brgairahnya peserta didik pada pelajaran
bahasa inggris
. Ditambah lagi kelihatannya adanya
keterpaksaan pada peserta didik SMA Negeri 3 Kota Tegal ikut mengikuti pelajaran
bahasa inggris juga sarana dan prasarana yang disedikan sekolah kurang memadai
seperti tersedianya infocus setiap
kelas juga kipas angin atau AC. Tentu ini menjadi tantangan bagi seorang guu
bahasa inggris dalam memberi motivasi dan semangat untuk mendapatkan from zero to zero.
Pada materi pembelajaran procedure text yang dikolaborasikan dengan spelling ini dapat menjadi solusi untuk membimbing peserta didik
dalam belajar bahasa inggris.sedikit demi sedikit tetapi pasti dalam belajar speaking walaupun awalnya sedikit
memaksa.Seorang guru dapat mencoba mempraktekan letter to letter,word to word,sentence to sentence dan seterusnya
akan menjadi strategi kemampuan berbicara.
Adapun
jenis texts yang dipakai adalah dalam bentuk menyajikan suatu text procedure,letter to letter peserta
didik diminta untuk melafalkan alphabet,word
to word peserta didik diminta untuk mengeja kata demi kata bilamana peserta
didik dapat bisa melafalkan dari letter
to letter atau word to word peserta didik akan terbiasa melafalkan
Untuk
mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai kemampuan speaking maka setiap
peserta memilih teman akrab menjadi satu kelompok minimal tiga anak paling
banyak lima anak.seitiap kelompok dipersilahkan untuk mencari text procedure boleh diambilkan dari
internet dengan browsing procedure text
atau mengambil text procedure yang diambil dari berbagai sumber.
Disadari atau
tidak pada saat presentasi peserta didik akan terlihat mampu atau tidak mampu
dalam menyampaikan hasil kelompoknya dengan menggunakan bahasa inggris. Awalnya
terasa ada kesan terpaksa selanjutnya peserta didik akan menjadi kebiasaan .
Ditengah tengah
presentasi seorang guru bisa menanyakan kepada peserta didik mungkin ada
istilah yang jarang didengar [new
vocabulary]dan seorang guru akan mengaatakan can you spell the word blab la etc.untuk melatih kemampuan speaking peserta didik maka perlu diberi
tugas untuk membuat text procedure misalnya tentang makanan atau minuman
.contoh yang sederhana misalnya How to
make fried rice atau How tomake ice lemon tea.
Dalam pembelajaran ini peserta didik akan
menyampaikan langkah langkah dalam membuat text procedure antara lain; Goal
peserta didik akan menyampaikan tujuan [How to make….] dengan
menggunakanbahasa inggris .material.peserta didik akan menyebutkan bahan bahan
yang akan disediakan dengan menggunakan bahasa inggris steps.peserta didik akan
menjelaskan langkah langkah dari awal sampai akhir dengan menggunakan bahasa
inggris.
Dengan demikian
kolaborasi antara procedure text dan
spelling [Prospell] dapat menumbuhkan kemampuan speaking peserta didik.Adapun output dari strategi Prospell sejalan dengan program literasi
yang dapat menghasilkan program English day yaitu suatu program literasi
bahwa warga sekolah Sma Negeri 3 Kota Tegal setiap hari Jumat menggunakan
bahasa inggris.
Kesimpulan nya
perpaduan antara procedure text dan
spelling [Prospell] dapat dikuasai oleh siswa bila spelling atau ejaan sendiri yaitu kaidah kaidah cara menggambarkan
bunyi bunyi kata, kalimat ,dan sebagainya dalam bentuk tulisan serta penggunaan tanda baca, ejaan
vowel atau huruf hidup dipraktekan
dalam procedure text sehingga akan
dapat menumbuhkan budaya literasi dan berbicara dalam Bahasa Inggris dengan
baik dan benar.
Komentar
Posting Komentar