Pembelajaran Analisis Isi dan Kebahasaan Novel di Era Pandemi Covid-19
Guru Bahasa Indonesia SMA N 3 Tegal
Penyebaran
virus corona sejak bulan Maret 2020 sampai sekarang masih sangat
mengkhawatirkan semua pihak. Semakin banyak orang yang terpapar virus yang
sangat mematikan itu. Berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi penyebaran
virus corona tersebut. Tidak terkecuali, Kemendikbud pun melakuakan jurus cegah
penyebaran virus corona dengan mewajibkan Instansi Pendidikan untuk melakukan
pembelajaran dari jarak jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring atau online,
terutama yang daerahnya termasuk zona merah. Pembelajaran daring tentunya
banyak menuai kritik dari berbagai pihak, namun semua itu merupakan upaya
pemerintah yang dinilai paling efektif untuk menekan laju penyebaran virus
corona. Para guru dituntut untuk selalu melek IT, tanpa terkecuali. Salah satu
hambatan yang paling populer adalah karena kuota dan jaringan. Saat ini
pemerintah sudah menggelontorkan dana untuk subsidi kuota bagi pendidik dan
peserta didik.
Banyak cara yang dapat dilakukan
dalam pembelajaran daring diantaranya dengan melalui Google Class Room (GCR), WhatsApp (WA), Zoom Meeting, Edmodo,
Google Meet, Telegram, ataupun yang lainnya. Pembelajaran Bahasa Indonesia
khususnya pada KD 3.9 yaitu Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel yang
diajarkan pada siswa kelas XII SMA N 3 Tegal semester I menggunakan zoom
meeting. Zoom merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk
memfasilitasi belajar mandiri dari rumah oleh para guru dan peserta didik. Dengan
zoom meeting, kegiatan pembelajaran terasa lebih menyenangkan. Para peserta
didik lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, karena selama ini pembelajaran
lebih sering dengan google class room yang cenderung satu arah. Mereka lebih
bersemangat dan tampil lebih segar dengan zoom, karena mereka juga kangen
suasana tatap muka dengan guru dan teman-temannya. Materi yang disampaikan dari
guru juga lebih mudah diserap oleh peserta didik.
Beberapa langkah dalam pembelajaran
yang dilakukan dengan zoom meeting, (dalam hal ini guru selaku host) diantaranya:
Pertama, kita harus mendownload dulu aplikasi zoom. Langkah kedua, klik sign in.
Langkah ketiga, kita baru masuk menggunakan e-mail dan kata sandi yang telah
dibuat. Langkah keempat, kita klik new meeting. Langkah kelima, ketika sudah
membuat ruang meeting, kita bisa mengundang peserta, caranya klik invite.
Langkah keenam, kita bisa mengundang peserta didik dengan membuat schedule
pelaksanaan zoom sesuai dengan jadwal jam pembelajaran. Dan langkah ketujuh, mengeshare
link zoom meeting pada peserta didik melalui WhatsApp (WA).
Hal tersebut biasanya dilakukan sehari atau dua hari menjelang pelaksanaan zoom
supaya peserta didik bisa mempersiapkan dengan matang. Saat pelaksanaan zoom,
peserta didik tinggal mengeklik link yang sudah diberikan, kemudian joint
meeting.
Sebelum zoom dimulai, guru harus mempersiapkan materi
yang akan disampaikan misalnya
dalam bentuk power point. Zoom
sangat efektif membantu guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran
online. Pembelajaran menganalisis isi dan kebahasaan novel melalui zoom meeting
berjalan sangat lancar dan efektif. Guru dapat lebih leluasa menyampaikan materi di
power point secara face to face meskipun secara virtual. Komunikasi dua arah antara
guru dan peserta didik terjalin sangat harmonis, karena peserta didik dapat lebih
mudah menagkap dan memahami
materi yang disampaikan oleh guru. Peserta
didik pun bisa bertanya jawab seputar materi
secara langsung. Begitu juga guru bisa langsung merespon pertanyaan atau permasalahan tentang materi
yang diutarakan oleh peserta didik.
Komentar
Posting Komentar